top of page
Search
  • kuylinerbdg

Tips & Trik Diet Sehat

Updated: Apr 22, 2020

CARA DIET SEHAT


Foto olehNatasha SpencerdariPexels

Memiliki tubuh ideal dan selalu dalam stamina yang fit (sehat) merupakan dambaan setiap orang. Sebelumnya buat kamu yang mau diet, karena ingin mendapatkan tubuh yang ideal dan sehat, kamu perlu memahami arti kata "diet"

Diet merupakan cara mengatur pola makanan, gaya hidup yang benar, guna menjaga kesehatan tubuh, dan selain itu juga dapat menjaga berat badan tubuh. Artikel ini akan membahas cara diet yang sehat untuk kamu, yang ingin mencapai berat badan yang diinginkan dengan sehat.

 
Porsi makan

Foto olehKsenia ChernayadariPexels

Pada dasarnya wanita dan pria memiliki asupa kalori yang berbeda. Rata-rata wanita membutuhkan asupan sebanyak 2000 kalori/hari dan rata-rata pria membutuhkan sebanyak 2500 kalori, jika anda sedang melakukan diet, kurangilah 500 kalori/perhari. jadi bukan berarti saat kamu melakukan diet kamu berhenti untuk makan, karena tubuh kita tetap membutuhkan asupan makanan.

kurangi kalori dengan mengganti asupan gizi mu. Karena makanan yang seimbang akan memberikan kecukupan nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh kita, sehingga tubuh akan berfungsi dengan baik dan sehat walaupun kamu sedang diet.







Makan secara teratur

Foto olehMoose PhotosdariPexels

Untuk kamu yang suka atau beranggapan ingin menurunkan berat badan dengan mengurangi makan atau malah tidak makan sama sekali, itu merupakan hal yang salah. Saat kamu tidak makan secara teratur kesehatan mu justru akan terganggu, tubuhmu akan kekurangan nutrisi yang dibutuhkan tubuh. Lebih baik tetap makanlah secara teratur yaitu 3 kali sehari, dengan jam yang teratur, dengan makanan bernutrisi. Dan hindari makan malam hari, karena itu tidak baik juga untuk tubuhmu apalagi untuk kamu yang sedang melakukan diet.


Kurangi cemilan

Foto olehMatheus HenrindariPexels

Buat kamu yang suka nyemil atau mengkonsumsi snack seperti ciki, marshmallow, dan coklat, mulailah untuk mengurangi. Karena cemilan atau snack yang biasa kalian makan adalah makanan yang banyak mengandung bahan-bahan yang tidak baik untuk tubuh kalian, seperti gula, pengawet, perasa buatan, pewarna dan bahan lainya yang tidak baik untuk tubuh.

Kalau kamu ingin nyemil mulaiah mencari cemilan yang sehat, seperti salad, buah, sereal, dan masih banyak cemilan lainnya yang baik untuk tubuh mu.











Cara masak makanan

Foto olehTanya GorelovadariPexels

Hal yang tidak kalah penting lainnya adalah, cara memasak makanan. Buat kamu yang ingin hidup sehat terlebih kamu yang ingin diet, mulai perhatikan bagaimana cara memasak. Perbanyak memasak makanan dengan cara, direbus atau dikukus.

Hindari makanan yang dimasak dengan cara dipanggang atau digoreng, makanan yang dimasak kering dengan panas yang tinggi, memasak makanan dengan cara seperti, akan mengandung lemak dan kalori yang tinggi yang tidak baik untuk tubuh.

Jadi mulai sekarang kurangi memasak makanan dengan metode tersebut beralih dengan cara masak yang aman dan sehat, sehingga diet sehat mu tercapai.






Olahraga teratur

Foto olehAndrea PiacquadiodariPexels

Kamu telah makan makanan yang sehat , teratur dan porsi yang tepat, tapi kamu tidak melakukan olahraga itu sama saja. Dengan olahraga kamu membakar kalori yang terdapat didalam tubuhmu, dan akan membentuk otot-otot mu sehingga tubuh mu akan terasa fit dan tidak gampang terkena sakit.

Jika tidak melakukan olahraga, bagaiamana tubuhmu dapat membakar kalori dan mengeluarkan racun didalam tubuh yang melalui keringat. Berolahragalah setidaknya 30 menit dalam sehari, kamu bisa melakukan lari, push up, jalan santai atauapaun yang membuat badanmu bergerak dan mengeluarkan keringat.


Hidup sehat

Foto olehJuian JagtenbergdariPexels

Mulai sekarang hiduplah dengan gaya hidup yang sehat, hindari gaya hidup yang kurang baik seperti merokok atau minuman yang beralkohol yang berdampak tidak baik untuk tubuh mu dan tidurlah dengan cukup antara 7-8 jam pada malam hari. jika kamu telah menerapkan gaya hidup sehat, diet sehat mu akan mudah tercapai.





Written by. Rizky Fajar Tri Prasetyo
 

48 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page