top of page
Search
  • kuylinerbdg

Tips & Trik Menyimpan Makanan

Updated: Apr 22, 2020

Tips & Trik Menyimpan Makanan

Didalam Kulkas Dan Diruangan Terbuka

Gambar : https://hellosehat.com/pusat-kesehatan/gangguanmuskuloskeletal/osteoporosis/makanan-untuk-mengobati-tulang-keropos/

Makanan merupakan kebutuhan pokok setiap manusia, dengan makanan kita memperoleh asupan tenaga/energi untuk beraktivitas. Untuk itu menjaga makanan agar tetap aman dikonsumsi adalah hal penting untuk diperhatikan, baik itu makanan yang telah siap untuk disantap maupun makanan yang belum kita olah (mentah).

Untuk menjaga makanan tetap aman dikonsumsi, kita perlu mengetahui bagaiamana cara menyimpan makanan yang baik dan benar, supaya makanan yang nantinya kita konsumsi tetap aman, terhindar dari bakteri dan juga dapat bertahan lama (tidak cepat basi). Dalam artikel ini akan membahas mengenai bagaimana cara menyimpan makanan yang belum diolah dan makanan siap santap (masak) dengan benar dilemari pendingin (kulkas) dan ditempat terbuka.

MENYIMPAN MAKANAN DILEMARI PENDINGIN/KULKAS

Gambar : https://www.liputan6.com/citizen6/read/4127986/banyak-yang-keliru-6-makanan-ini-justru-tidak-boleh-masuk-kulkas

Penyimpanan makanan yang paling aman disimpan didalam lemari pendingin (kulkas), namu perlu diketahui tidak semua jenis makanan akan baik/tahan lama jika disimpan dilemari pendingin (kulkas).

Suhu penyimpanan didalam kulkas yang idealnya menurut Food Standart Agency (FSA) bersuhu 0° C hingga 5° C, dan jangan menyimpan makanan didalam kulkas terlalu penuh, karena akan mengakibatkan sirkulasi udara didalam udara tidak optimal/terhambat yang nantinya suhu udara didalam kulkas tidak merata, dan simpanlah sesuai dengan jenis makanannya.

Berikut lokasi minyimpan makanan didalam kulkas berdasarkan jenisnya :


Daging, ikan, Ice cream, dll 

Frezer adalah tempat menyimpan makanan yang dibekukan, diantaranya ice cream dan bahan makanan daging dan ikan agar tetap bagus dan segar, tempatkan pada wadah yang tertutup. Kemudian simpanlah pada ruangan freezer kulkas, pada suhu ruangan tersebut membeku dan akan menghambat atau menghentikan pertumbuhan bakteri pada daging dan ikan.




Makanan siap santap atau yang telah dimasak

Gambar : https://m.medcom.id/rona/kesehatan/3NOnpDmK-cara-menyimpan-bahan-makanan-di-kulkas-yang-benar

Untuk makanan siap saji seperti susu, tahu, tempe, mentega, daging matang, yogurt, serta sisa minuman atau makanan yang telah matang letakan pada kulkas bagian atas dan tengah, jangan gabungkan makanan siap santap dengan makanan mentah seperti sayur dan lainnya, karena akan berpotensi berpindahnya bakteri pada makanan mentah ke makanan siap santap.




Makanan mentah (Sayur dan Buah)

Gambar : https://www.idntimes.com/food/dining-guide/fina-wahibatun-nisa/5-kesalahan-saat-menyimpan-makanan-di-kulkas-bisa-bikin-sakit-lho

Pisahkan sayur dan buah sesuai dengan jenisnya masing-masing, karena sayur dan buah mengeluarkan etilena yaitu gas yang dapat mempercepat proses pematangan yang mengakibatkan pembusukan dini. Kemudian jangan mencuci sayur dan buah sebelum dimasukan kedalam kulkas, mencuci sayur dan buah sebelum dimasukan bisa membuat cepatnya pembusukan karena air akan tertinggal pada sayur dan buah dan letakan sayur dan buah-buahan pada bagian bawah kulkas.


Hal yang perlu diperhatikan saat menyimpan makanan didalam kulkas :

· Jangan biarkan pintu kulkas terbuka cukup lama, karena akan menaikan suhu udara didalam kulkas dan berpotensi masuknya bakteri kedalam kulkas.

· Setiap makanan sebelum masuk kedalam kulkas, ditempatkan terlebih dahulu ke wadah tertutup yang kedap udara. Wadah yang kedap udara membuat makanan terhindar dari perkembangan bakteri pada makanan.

· Bersihkan kulkas secara teratur.


MENYIMPAN MAKANAN DIRUANGAN TERBUKA

Gambar : https://www.mnn.com/food/recipes/stories/7-recipes-fermented-foods

Jika tidak terdapat lemari pendingin (kulkas), menyimpan makanan pada tempat terbukapun tidak menjadi suatu masalah, bila kita menyimpan dengan benar. Namun perlu dipahami makanan yang disimpan ditempat terbuka tetap berpotensi lebih cepat basi tergantung dari jenis makanan tersebut. ada beberapa tips jika ingin menyimpan makanan ditempat terbuka seperti lemari dapur.

Wadah kedap udara

Gambar : http://site.tupperware.co.id/smartkitchen/smart_tips/rahasia-cara-menyimpan-aneka-bumbu-bebas-lembap

Simpanlah makanan pada wadah yang kedap udara. Wadah yang kedap akan udara, akan menghambat perkembangan bakteri, karena bakteri memerlukan udara untuk dapat berkembang.






Wadah transparan

Gambar : https://idea.grid.id/read/091819178/tak-sekedar-kedap-udara-ini-yang-paling-penting-saat-gunakan-wadah-makanan?page=all

Direkomendasikan menyimpan makanan dengan wadah yang transparan, dengan wadah yang transparan kita dapat melihat dengan jelas makanan yang kita simpan, apakah ada perubahan pada makanan yang terjadi atau tidak, tanpa perlu membuka makanan tersebut keluar dari wadah.





Jangan tutup rapat makanan saat masih panas

Gambar : https://review.bukalapak.com/food/begini-cara-penggunaan-hingga-penyimpanan-alat-masak-berbahan-tanah-liat-97399

Saat kamu memasak makanan dan ingin langsung menyimpannya pada wadah tertutup hindarilah hal tersebut, karena uap dari makanan tersebut jika langsung ditutup rapat, uap panas akan bercampur pada makanan yang akibatnya akan mempercepat basinya makanan. Jadi biarkan hawa panas keluar terlebih dahulu, diamkan hingga makanan dingin lalu tutup dengan rapat.




Beri tanggal kadaluarsa
Gambar : https://www.idntimes.com/food/diet/putri-182/ini-bedanya-makna-expired-date-vs-best-before-pada-label-c1c2

Saat kalian membeli makanan, kamu dapat ,melihat tanggal kadaluarsa pada kemasan luar makanan tersebut. Kamu dapat mencatat tanggal kadaluarsa tersebut pada sisa makanan yang disimpan diwadah kedap udara, dengan begitu anda dapat mengetahui kapan makanan tersebut akan basi dan kamu lebih yakin untuk mengkonsumsinya kembali nanti.




Written by. Rizky Fajar Tri Prasetyo
 

40 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page