top of page
Search

Masakan Khas Sunda



1. Nasi Liwet

Sajian khas Sunda yang dimasak dengan cara unik ini, menggunakan panci khusus liwet atau kastrol, yang membuatnya berbeda dari lainnya. Bumbu dan rempah yang khas seperti daun salam, potongan cabai, irisan bawang dan serai membuat hidangan ini sangat harum nan lezat. Akan lebih nikmat jika diberi tambahan pete dan teri medan yang sudah digoreng. Apalagi, disantap saat nasi baru saja matang.

Ada beberapa Tips untuk memasak masakan ini, yaitu

1. Gunakan api sangat kecil supaya bagian bawah nasi tidak gosong dan berkerak.

2. Gunakan rice cooker jika anda tidak punya panci liwet. Cara memasaknya seperti masak nasi biasa, hanya ditambahkan bumbu, rempah, dan cabai lalu tekan tombol cook.

2. Mie Kocok

Mie kocok yang juga termasuk makanan khas Sunda. Mie kocok juga menggunakan bahan dasar mie kuning yang dihidangkan bersama kuah yang terbuat dari kaldu sapi. Makanan ini banyak ditemukan di kawasan bandung. Mie kocok umumnya tersaji bersama tauge yang sudah direbus, bakso, irisan kikil, jerk nipis, dan taburan daun seledri, daun bawang, dan bawang goreng. Selain bahan-bahan tersebut, tak jarang orang yang menambahkan babat sapi untuk menambah kekayaan bahannya.


Untuk diketahui, makanan ini diberi nama mie kocok karena pada proses memasaknya ialah dengan mengocok-ngocok mie dalam wadah khusus sembari dicelupkan ke dalam air panas. Mie kuning yang digunakan mempunyai ukuran yang pipih dengan tekstur lembut. Agar menyantap mie kocok menjadi lebih istimewa, sebagian orang biasanya memberikan kcap manis dan sambal pada kaldu kuahnya. Mie kocok saat ini sudah memiliki beberapa variasi penyajiannya, yakni dengan menambahkan bahan makanan tertentu semisal ceker ayam dan daging sapi.



3. Batagor

batagor yang mana pertama kali dibuat oleh orang Bandung. Batagor khas Bandung saat ini sudah banyak dijual oleh pedagang keliling atau menetap di berbagai kota di Indonesia. Batagor sendiri merupakan jajanan khas yang penamaannya dimabil dara singkatan “bakso tahu goreng”.


Batagor dibuat dari bahan baku daging ikan tenggiri, tepung sagu, telur, dan kulit pangsit. Bumbu yang dipakai antara lain garam, gula pasir, bawang putih, dan merica. Semua bahan tadi diolah hingga berbentuk adonan dan dibungkus dengan kulit pangsit yang dilanjut dengan proses penggorengan. Setelah matang, batagor akan dipotong-potong dan disajikan bersama dengan bumbu kacang dan perasan jeruk nipis. Cita rasa pedas dari bumbu kacang yang berpadu dengan nikmatnya ikan tenggiri akan membuat mulut tak bosan untuk terus mengunyahnya.



4. Tahu Gejrot

Tahu gejrot tentunya sudah sangat familiar di telinga kita. Makanan yang berasal dari Cirebon ini menjadi jajanan paling disukai setiap orang. Di Jakarta misalnya, sudah tak terhitung berapa banyak penjual tahu gejrot keliling melewati rumah-rumah penduduk atau mangkal di pinggir jalan. Orang-orang menyukai tahu gejrot karena selain murah, makanan khas Sunda ini bisa memberikan kepuasan tersendiri karena memiliki cita rasa yang luar biasa.


Tahu gejrot sendiri merupakan panganan sederhana yang menyajikan tahu yang sudah dibumbui dan digoreng sebelumnya. Tahu yang digunakan umumnya adalah tahu sumedang dan tahu pong. Tahu yang sudah siap saji akan disiram dengan kuah saus yang terbuat dari racikan bumbu halus. Tahu gejrot biasanya dihidangkan dengan piring berwarna hitam yang terbuat dari tanah liat.

5. Combro


Makanan ini diberi nama combro karena merupakan singkatan dari “oncom di jero” atau “oncom di dalam”. Dari pemilihan namanya, sudah bisa ditebak kalau makanan ini menyajikan oncom yang dibalut dengan sesuatu. Sesuatu tersebut adalah ubi atau singkong yang dibentuk sehingga bisa menutupi keseluruhan isiannya. Selain diisi dengan oncom, biasanya orang-orang juga menambahkan cabai awit utuh agar bisa lebih menggugah selera saat dimakan.



-Gilbert Maleakhi-

12 views0 comments

Recent Posts

See All

Comments


bottom of page