top of page
Search
  • kuylinerbdg

Masakan Khas Rumahan



1. Nasi Lengko

Makanan khas Tegal ataupun Cirebon ini memang memiliki cita rasa yang unik dan untuk bahannya pun tergolong mudah mendapatkannya.

Bahan – bahan umum yaitu Tahu, Tempe, Tauge atau kecambah, Timun, dan bumbu kacang yang dipadukan dengan bawang goreng, menampilkan makanan yang sangat menggugah selera.


2. Bakwan / bala – bala


Bala – bala atau biasanya disebut juga bakwan, merupakan cemilan khas yang sangat terkenal di daerah Pulau Jawa, terdiri dari tepung terigu, wortel, udang, daun bawang, bahkan ada juga yang menambahkan waluh, tahu, sesuai selera orang yang membuatnya, sehingga makanan ini cocok disebut bala – bala atau dalam Bahasa Indonesia berarti berantakan atau tidak karuan.

Memakan Bala – bala ini biasanya ditemani oleh cengek rawit sehingga rasanya semakin pol enaknya.



3. Sayur Lodeh

Sayur yang memiliki ciri khas memakai kuah yang mengandung santen ini memang menjadi incaran orang – orang yang ingin memakan sayuran kuah selain sop dan soto, sayur lodeh ini sangat mudah untuk dibuat di rumah, dengan bahan – bahan yang sangat sering kita jumpai.

Bahan – bahannya adalah

Tahu, tempe, waluh, Jagung, cabe hijau, santen, dan rempah rempah.

Membuatnya pun sangat mudah, hanya menyatukan semua bahan kedalam godokan air santen berkaldu sehingga rasanya meresap ke setiap bahannya.


4. Ayam Goreng

Ayam goreng khas rumahan biasanya menggunakan bumbu kuning, sehingga cita rasa khas rumahannya menempel erat di Ayam goreng, bahannya sangat mudah hanya membutuhkan ayam 1 ekor potong per bagian, lalu kunyit, dan sisanya rempah rempah pelengkap.

Namun apabila tidak mau repot membuat bumbunya, di pasar pun sekarang banyak merk yang menjual bumbu instan untuk ayam goreng, sehingga akan mempermudah lagi membuat ayam goreng khas rumahan ini.


5. Nasi Goreng

Nasi goreng, merupakan salah satu menu yang sangat – sangat mudah untuk dibuat di rumah, dengan bahan seadanya pun dapat jadi satu piring nasi goreng.

Bahan utamanya tentu saja nasi putih, biasanya nasi sisa kemarin ataupun nasi yang baru masak pun tidak apa – apa.

Membuat nasi goreng ini sangat mudah dan simple, hanya tinggal mencincang bawang putih dan bawang merah lalu tunggu hingga wangi lalu masukan nasi putih, jangan lupa tambahkan kecap, dan bumbui, lalu sajikan. Dan tidak lupa menambahkan telur dadar sehingga membuat rasanya semakin Pol.




-Gilbert Maleakhi-

9 views0 comments

Recent Posts

See All

Yorumlar


bottom of page